Awas, Hepatitis B Penyebab Kanker Hati

Posted by on October 22, 2013 in Info Hepatitis B | 0 comments

Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus yang mengakibatkan fungsi hati terganggu. Hepatitis A, B dan C merupakan jenis Hepatitis yang disebabkan oleh virus yang berbeda.

Awas, Hepatitis B Penyebab Kanker HatiMeskipun dapat menyebabkan gejala yang sama, virus-virus tersebut memiliki modus transmisi dan kerusakan pada hati yang berbeda. Hepatitis B dan C dapat muncul sebagai infeksi akut, tetapi pada sejumlah kasus virus tetap tinggal dalam tubuh sehingga menjadi kronis.

Oleh karena itu, menurut ahli kesehatan hepatitis B dan hepatitis C dapat mengakibatkan sirosis dan kanker hati. Hal ini karena hepatitis B dan hepatitis C memiliki masalah dan berlangsung lama serta banyak komplikasi.

Tingginya angka kejadian penyakit hepatitis di dunia, termasuk Indonesia saat ini mengisyaratkan perlunya upaya edukasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Terutama mengenai cara penularan penyakit hepatitis, sebab banyak yang tidak sadar bahwa ia sudah tertular hepatitis.

Fakta di lapangan mencatat sebagian besar masyarakat masih kurang peduli dan mengerti akan penyakit ini. Selain itu mereka tidak tahu kalau sudah terinfeksi, sudah tahu tapi merasa tidak perlu berobat. Oleh karena itu harus ada upaya untuk mengenali, mencegah dan mengobati hepatitis secara terus-menerus.Gambar Awas, Hepatitis B Penyebab Kanker Hati

Untuk itu, diharapkan keterlibatan semua pihak, seperti pemerintah, petugas kesehatan, organisasi kesehatan, rumah sakit dan pihak terkait lainnya dalam menghadapi persoalan ini.

Sumber : health.okezone.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *