FAQ

Frequently Asked Questions and Answers

(Pertanyaan-pertanyaan yang sering di tanyakan berikut jawabannya)

Tanya : Apakah obat-obatan dapat dikirim ke alamat rumah pasien tanpa harus datang ke balai pengobatan, apakah tidak cukup dengan mengirimkan hasil resume laboratorium pasien?

Jawab : Kami ini merupakan Balai Pengobatan Tradisional bukan tukang jual-beli obat pun kami bukan penyalur obat-obatan dari produsen obat lain. Pertanyaan ini sama saja dengan, apakah anda bisa menelepon ke Rumah Sakit dengan mengirimkan resume hasil laboratorium lalu pihak Rumah Sakit mengirimkan obatnya, apakah bisa?

Pasien hanya di wajibkan pertama kali saja. Selanjutnya apabila memang belum sembuh, maka obat-obatan dapat dikirim melalui jasa pengiriman.

Tanya : Jika Saya hendak ke balai pengobatan apakah saya harus membuat janji terlebih dahulu atau bisa langsung datang ke klinik?

Jawab : Silahkan anda daftar terlebih dahulu sebelum datang ke balai pengobatan kami, kenapa? Karena setiap hari kami batasi hanya 15 pasien. Hal ini dikarenakan keterbatasan obat-obatan yang harus kami racik terlebih dahulu.

Tanya : Jika pasien dalam kondisi hamil apakah bisa mengkonsumsi obat-obatan tradisional ramuan Ny. Djamilah Najmuddin?

Jawab : Mohon maaf obat-obatan tradisional kami tidak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Tanya : Jika pasien sedang menyusui apakah bisa mengkonsumsi obat-obatan tradisional ramuan Ny. Djamilah Najmuddin?

Jawab : Obat-obatan kami tidak masalah untuk di konsumsi oleh Ibu yang sedang menyusui.

Tanya : Apakah Balai Pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin dapat memberikan jaminan terhadap kesembuhan penyakit pasien?

Jawab : Kami tegaskan di sini bahwa PENGOBATAN TRADISIONAL NY. DJAMILAH NAJMUDDIN TIDAK MEMBERIKAN JAMINAN APAPUN TERHADAP KESEMBUHAN PASIEN-PASIEN KAMI.

Tanya : Dalam Jangka waktu berapa lama penyakit pasien dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin?

Jawab : Tidak dapat kami tentukan, karena permasalahan pengobatan bukan masalah matematika yang sudah jelas hitungannya. Banyak faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan pengobatan seseorang. Sebagai contoh, apakah kita dapat memastikan apabila kita sakit flu berapa lama pengobatannya?

Tanya : Anak saya berumur 2 tahun dan dinyatakan positif hepatitis b, apakah balita bisa berobat ke balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin?

Jawab : Pasien termuda yang pernah kami tangani adalah bayi berumur 20 hari dengan diagnosa HbSag positif.

Tanya : Saya beragama non muslim, apakah saya bisa berobat ke balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin?

Jawab : Kami ini balai pengobatan tradisional, bukan tempat ibadah suatu aliran kepercayaan tertentu. Dalam menangani pasien, kami tidak melihat suku, ras, agama dan kepercayaan pasien-pasien kami. Selama mereka mau mengikuti peraturan dan langkah-langkah pengobatan kami, dengan senang hati kami akan membantu menemani pasien dalam menghadapi penyakitnya tersebut.

Tanya : Apakah di balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin ada fasilitas laboratorium?

Jawab : Untuk menjaga keobjektifitasan pengobatan, maka balai pengobatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin tidak menyediakan dan tidak bekerja sama dengan laboratorium manapun.

Tanya : Apakah Pasien harus datang ke balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin setiap kali kontrol ?

Jawab : Untuk pertama kali berobat kami mewajibkan kepada semua pasien kami untuk datang ke balai pengobatan kami di Bandung-Jawa Barat. Apabila memang belum sembuh, baru obat-obatan tradisional kami bisa di kirim melalui jasa pengiriman (pos, tiki, jne).

Tanya : Apakah Pemeriksaan laboratorium HBV-DNA di balai pengobatan Tradisional Ny. Djamilah Najmuddin juga dijadikan rujukan dalam pengobatan hepatitis B, selain HbSag Kuantitatif?

Jawab : Sebenarnya HBV-DNA pun bisa dijadikan dasar dalam pengobatan dan juga bisa dijadikan rujukan tolak ukur bagaimana perkembangan pengobatan hepatitis B pada balai pengobatan kami, permasalahannya apakah memberatkan atau tidak kepada pasiennya? Karena seperti yang kita ketahui bahwa pemeriksaan HBV-DNA itu cukup mahal.

Kami tidak melarang pasien kami untuk menggunakan HBV-DNA dalam melihat perkembangan pengobatan, silahkan saja. Bahkan kami lebih senang dengan adanya pemeriksaan HBV-DNA oleh pasien hepatitis B kami.

Tanya : Apakah Balai Pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin membuka cabang di kota-kota besar lainnya?

Jawab : Mohon maaf, hingga saat ini kami tidak membuka cabang di kota manapun.

Tanya : Pemeriksaan laboratorium apa saja yang saya harus persiapkan apabila saya mau berobat ke balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin?

Jawab : Ketika anda sudah memutuskan untuk berobat ke balai pengobatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin, kami akan sangat terbantu apabila anda melakukan pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu mengenai penyakit hepatitis B anda, diantaranya:

  • Hematologi Rutin / CBC : Hemoglobin, Leukosit, Trombosit, Eritrosit, Hematokrit
  • Bio Kimia – Faal Hati : SGOT, SGPT, Gamma GT, Fostafase Alkali, Bilirubin Total, Bilirubin Direk dan Albumin
  • Immuno Serologi – Hepatitis: HbeAg, HbsAg dan HbsAg Kuantitatif

Tanya : Apakah Pengobatan Tradisional Ny. Djamilah Najmuddin sudah terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Bandung?

Jawab : Kami merupakan balai pengobatan resmi yang terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Bandung. Selain itu kamipun terdaftar sebagai anggota dari ASPETRI (Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia) dan APALI (Asosiasi Pengobatan Alternatif Indonesia) yang mempunyai ijin asosiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Hukum dan HAM.

Berikut ini aspek legalitas Pengobatan Tradisional Ny. Djamilah Najmuddin:

  1. 445/1401-Dinkes/14-STPT-I-Battra/II/14
  2. 445/1402-Dinkes/15-STPT-I-Battra/II/14
  3. 445/1403-Dinkes/16-STPT-I-Battra/II/14

Tanya : Apakah obat-obatan tradisional ramuan Ny. Djamilah Najmuddin sudah memiliki ijin edar di BPPOM RI?

Jawab : Obat-obatan tradisional dari pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin tidak diproduksi untuk kalangan umum dan tidak tersedia di toko-toko obat lain. Obat-obatan tradisional kami sifatnya berbentuk racikan, yang diracik sesuai dengan kondisi pasien kami. Oleh karena sifat obat-obatan tradisional kami tersebut, maka secara undang-undang kesehatan obat-obatan tradisional kami tidak memerlukan ijin edar dari BPPOM RI.

Tanya : Apakah saya bisa melihat hasil laboratorium pasien-pasien lain selain yang ditampilkan di website ini?

Jawab : Hasil laboratorium pasien adalah hal yang sangat pribadi atau confidential. Kami pun dalam menampilkan hasil laboratorium di website tidak sembarang. Apabila pasien tidak mengijinkan kepada kami, HARAM hukumnya bagi kami untuk memperlihatkan hasil laboratorium mereka kepada orang lain. Jangankan kepada orang awam atau calon pasien kami, kepada keluarga pasien pun apabila tidak di ijinkan oleh pasien, maka kami tidak akan memperlihatkannya.

Tanya : Pasien sedang menjalani pengobatan rawat inap di Rumah Sakit, apakah pasien bisa mengkonsumsi obat-obatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin?

Jawab : Apabila anda atau keluarga anda sedang menjalani rawat inap di sebuah rumah sakit, jalanilah dengan tenang pengobatan yang ada. Percayakanlah pengobatan penyakit anda di rumah sakit. Jangan campur adukan pengobatan di rumah sakit dengan obat-obatan lain.

Pengobatan Tradisional Ny. Djamilah Najmuddin selamanya, tidak mungkin akan mengintervensi pengobatan pasien yang sedang melakukan rawat inap di rumah sakit. Selain karena kaitannya dengan etika profesi hal ini pun akan menjadi rancu dalam evaluasi perkembangan pengobatan pasien.

Tanya : Apakah obat-obatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan medis dan atau obat-obatan tradisional lainnya?

Jawab : Tergantung, ada beberapa obat medis yang tidak bisa di konsumsi bersamaan dengan obat-obatan tradisional kami dan ada yang bisa.

Tanya : Saya ingin berobat ke balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin tapi saya takut nanti hasil laboratorium saya ditampilkan di website, bagaimana?

Jawab : Hasil laboratorium pasien adalah hal yang sangat pribadi atau confidential. Kami pun dalam menampilkan hasil laboratorium di website tidak sembarang. Apabila pasien tidak mengijinkan kepada kami, HARAM hukumnya bagi kami untuk memperlihatkan hasil laboratorium mereka kepada orang lain. Jangankan kepada orang awam atau calon pasien kami, kepada keluarga pasien pun apabila tidak di ijinkan maka kami tidak akan memperlihatkannya.

Tanya : saya memiliki gejala-gejala penyakit hepatitis B, apakah saya bisa langsung berobat ke balai pengobatan Ny. Djamilah Najmuddin tanpa harus cek ke laboratorium?

Jawab : Gejala antara satu penyakit dan penyakit lainnya sangat mirip bahkan sama, kita tidak bisa memvonis seseorang mengidap suatu virus dalam tubuhnya tanpa adanya pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu. Sehingga, kami tidak mungkin dapat mengobati pasien yang tidak membawa hasil laboratorium mengenai penyakit yang dideritanya.