Makin modern dunia kita, makin banyak jenis penyakit yang kita kenali. Salah satu jenis penyakit yang mengerikan yang mungkin mengancam keselamatan jiwa adalah hepatitis B kronis. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Akan tetapi, sesungguhnya ada 2 jenis penyakit hepatitis yang ada di dunia ini. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Bahaya Hepatitis B

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang hepar atau hati. Penyakit ini disebabkan karena virus yang didapatkan dari luar tubuh dan masuk melalui sistem peredaran darah. Penyakit ini sesungguhnya memiliki merupakan sebuah penyakit yang mirip dengan HIV/AIDS. Hal ini disebabkan karena penyakit ini merupakan penyakit yang bisa diderita seumur hidup dan merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui sistem peredaran darah dan cairan tubuh orang yang mengidapnya.

Bedanya, penyakit hepatitis B akut dan juga penyakit hepatitis kronis memang tidak menyerang kekebalan tubuh. Hanya saja jika dibiarkan dan tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan liver atau hati atau dapat juga menyebabkan kanker hati. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai penyakit ini, berikut ini adalah ulasannya.

Orang yang memiliki risiko penularan hepatitis B yang besar

Banyak yang merasa ketakutan mendengar penyakit hepatitis B. Hal ini memang bukan hal yang berlebihan karena penyakit yang diklaim diderita seumur hidup ini memang cukup menyeramkan. Bukan hanya penyakitnya tapi juga karena penularannya. Banyak orang yang salah paham mengenai cara penularan penyakit ini. Terkadang orang juga menjadi berlebihan sehingga memperlakukan orang-orang yang memiliki penyakit hepatitis B kronis dengan kurang tepat.

Berikut ini adalah beberapa jenis orang yang memiliki risiko penularan penyakit hepatitis yang besar.

  • Orang dengan kebiasaan menggunakan narkoba
  • Orang yang memiliki kebiasaan membuat tato di tubuh dan melakukan piercing
  • Orang yang mendapatkan transfusi darah
  • Orang yang menjalankan prosedur medis di klinik kesehatan yang kurang terpercaya
  • Orang yang melakukan seks bebas

Ya penularan hepatitis B bukan hal yang mudah untuk terjadi. Penularan hanya akan terjadi ketika ada kontak dengan darah. Oleh karena itu, sangat tidak mudah penularannya. Jika anda :

  • Berciuman
  • Berpelukan
  • Melakukan kontak pada saat penderita hepatitis bersin
  • Menggunakan alat makan
  • Minum dan makan bekas orang yang menderita hepatitis
  • Gigitan serangga

Hal-hal yang disebutkan di atas bukan merupakan penyebab penularan penyakit hepatitis B akut  pada orang yang sehat. Jadi jangan terlalu khawatir jika di sekitar anda ada orang yang menderita penyakit hepatitis B.

Hepatitis B akut

seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit hepatitis B dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu penyakit hepatitis akut dan hepatitis B kronis. Pada sub bab ini kami akan membahas mengenai penyakit hepatitis B yang akut terlebih dahulu.

Penyakit hepatitis B yang akut adalah penyakit hepatitis B yang diderita kurang dari 6 bulan. Penyakit ini biasanya hanya akan diderita oleh orang dewasa. Artinya anak-anak yang lahir dari ibu penderita penyakit hepatitis B ini kecil kemungkinan mengalami penyakit ini.

hepatitis B akut pada orang dewasa biasanya memiliki kesempatan lebih besar untuk melawan penyakit ini. Pasalnya dalam tubuh orang dewasa biasanya sudah terbentuk banyak jenis antibodi. Hal inilah yang menyebabkan penyakit ini jarang didapatkan anak-anak. Lebih dari 85% orang dewasa yang mengalami penyakit penyakit hepatitis B dalam tingkatan yang akut ini mayoritas bisa mendapatkan penyembuhan.

Hepatitis B kronis

jika infeksi dari virus penyakit hepatitis B ini terjadi lebih dari 6 bulan maka kemungkinan besar penyakit hepatitis B yang anda alami berubah dari penyakit akut menjadi penyakit kronis. Kebanyakan orang yang menderita penyakit hepatitis B ini tidak mengalami gejala, tapi jika ada gejalanya, maka gejala tersebut akan mirip dengan gejala yang dialami oleh penderita penyakit hepatitis B akut.

Mereka yang menderita penyakit penyakit hepatitis B yang sudah kronis biasanya memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Pengalaman penyakit yang diderita oleh seorang dengan orang yang lain ini berbeda didasarkan pada beberapa faktor dan juga stadium dari penyakitnya. Biasanya masalah yang muncul pada penderita penyakit hepatitis B yang sudah kronis dipengaruhi oleh gaya hidup dan juga lamanya waktu seseorang mengidap virus hepatitis B tersebut.

Dari seluruh orang yang menderita penyakit hepatitis B pada level yang kronis, 20% hingga 30% diantaranya akan mengalami masalah gangguan hati yang lebih hebat. Apalagi jika tidak mendapatkan perawatan, maka penyakit ini dapat menyebabkan masalah pada liver seperti gagal fungsi liver dan juga kanker liver. Jika hal ini tidak kunjung mendapatkan perhatian maka penyakit hepatitis B akut yang berubah menjadi kronis ini bisa menyebabkan kematian.

Mengapa penyakit hepatitis B yang sudah masuk dalam level kronis ini  harus segera diobati? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyakit hepatitis B yang tidak diobati dapat menyebabkan gangguan yang lebih parah. Hal ini disebabkan karena pengobatan yang dilakukan memang ditujukan untuk mengurangi gejala, memperlambat atau bahkan memberhentikan pertumbuhan virus penyakit hepatitis B sebisa mungkin. Jika anda melakukan pengobatan dan perawatan pada saat penyakit belum begitu parah maka masalah kerusakan hati atau penyakit hati lain yang dapat menyebabkan kematian dapat dihindari. Selain itu, perawatan terhadap penyakit hepatitis B ini juga dapat digunakan untuk membantu membetulkan bagian-bagian hati yang telah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh virus penyakit hepatitis B ini. Jadi meski anda  mengidap penyakit hepatitis B kronis ini janganlah patah semangat.